Menu

Bagaimana Cara Meningkatkan Kesuburan Secara Aman untuk Pria dan Wanita?

18 Desember 2017 | Penyakit

Bagaimana Cara Meningkatkan Kesuburan Secara Aman untuk Pria dan Wanita? 

– Memiliki momongan adalah salah satu tujuan mengapa seseorang memutuskan untuk menikah bersama dengan pasangannya. Namun tak bisa dipungkiri bahwa tak semua pasangan dapat dengan mudah dan cepat mendapatkan momongan setelah menikah. Ada beberapa faktor yang mendasarinya, salah satunya adalah masalah kesuburan. Tak heran jika kemudian banyak pasangan yang berusaha mencari cara untuk meningkatkan kesuburan mereka masing masing, baik pria maupun wanita. Namun, seperti apakah cara yang aman?

Sebenarnya, ada beragam pilihan untuk meningkatkan kesuburan, namun perlu diketahui bahwa tak semua cara aman dan alami. Alih alih memperbaiki kesuburan, anda bahkan bisa terkena resiko yang membahayakan jika mengambil langkah yang salah. Berikut ini merupakan beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk membuat kesuburan anda lebih baik yang di-review dari beberapa sumber kesehatan dan medis.

cara-meningkatkan-kesuburan

  1. Cara Meningkatkan Kesuburan : Jangan Menjadi Terlalu Kurus atau Terlalu Gemuk

Kelebihan atau kekurangan berat badan bisa mnejadi faktor penghambat kehamilan seseorang. Dari sebuah penelitian yang melibatkan sekitar 2112 wanita hamil, ditemukan ternyata wanita yang mengalami kelebihan berat badan atau bahkan obesitas dengan indeks masa tubuh sekitar 25 hingga 39 kg/m2  membutuhkan dua kali waktu yang lebih lama untuk bisa hamil jika dibandingkan dengan mereka dengan berat badan yang normal.

Sejalan dengan hal diatas, wanita dengan kekurangan berat badan atau indeks massa tubuh yang kurdang dari 19 kg/m2 juga membutuhkan waktu yang lebih lama dan bahkan lebih lama, yakni 4x lebih lama dari mereka dengan berat badan yang normal.

  1. Cara Meningkatkan Kesuburan : Hindari Melakukan Kebiasaan yang Bisa Merusak Kualitas dan Kuantitas Sperma

Kesuburan bukan hanya masalah pada wanita, namun juga pada pria. Kesuburan untuk pria sangat erat kaitannya dengan kualitas sperma yang dimiliki dan ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat sperma lebih baik kualitasnya atau bahkan lebih buruk kualitasnya. Dilansir dari WebMD, presiden “American Society for Reproductive Medicine”, Dale McCluer menyatakan bahwa mengganti celana dalam untuk pria ternyata mampu meningkatkan kesuburan mereka. Maksudnya adalah anda harus memilih celana dalam dengan kualitas baik untuk membuat kualitas sperma anda tidak memburuk. Misalnya adalah dengan memilih celana dalam dengan bahan yang sejuk karena suhu panas yang dibuat oleh celana dalam yang salah bisa merusak sperma.

Selain kebiasaan celana dalam tersebut, kebiasaan lain yang bisa merusak kualitas sperma adalah meletakkan laptop di atas paha ketika anda sedang menggunakannya. Mengapa? Hal ini karena panas yang dihasilkan oleh laptop dapat memberikan dampak yang buruk untuk sperma anda. selain itu, tahukah anda bahwa sering mandi dengan menggunakan air hangat juga bisa merusak kualitas sperma. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kesuburan anda para pria, sebaiknya anda menghindari kebiasaan kebiasan buruk diatas.

  1. Cara Meningkatkan Kesuburan : Menghindari Kopi dan Minuman Beralkohol

Terlalu banyak meminum kopi dan alcohol juga memiliki dampak yang buruk,terutama untuk kesuburan wanita. Beberapa ahli bahkan menyatakan bahwa meminum 5 cangkir kopi atau lebih dalam satu hari (setara dengan 500mg kafein) dapam membuat kesuburan wanita menurun. Namun, ini bukan berarti anda tak boleh minum kopi sama sekali ya. Anda tetap bisa minum kopi, namun ada baiknya untuk memilih kopi dengan tingkat kafein yang rendah atau sedang dan ingat untuk membatasi jumlah konsumsinya setiap hari. Jumlah yang normal adalah satu atau dua cangkir sehari. Jumlah kafein yang normal untuk dikonsumsi adalah 200 mg di dalam sehari.

Seperti kopi, kebiasaan meminum minuman beralkohol juga tidak baik untuk kesuburan seorang wanita. Berdasarkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita yang mengkonsumsi atau minum minuman beralkohol dua kali dalam satu hari membuat tingkat kesuburannya menurun hingga 60%.

  1. Cara Meningkatkan Kesuburan : Mengetahui Masa Ovulasi Anda

Ovulasi adalah masa subur yang biasanya terjadi pada wanita. Untuk meningkatkan kesuburan, mengetahu kapan masa subur atau waktu ovulasi anda adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan untuk meningkatkan kemungkinan untuk hamil. Masa subur atau fertilisasi adalah masa dimana paling memungkinkan untuk terjadinya pembuahan yang merupakan awal sebuah kehamilan. Biasanya, masa dengan peluang yang paling tinggi adalah selama jangka waktu 14 hari setelah hari terakhir anda menstruasi. Sedangkan yang disebut dengan ovulasi adalah saat dimana telur keluar dari indung telur dan biasanya terjadi 3 hari setelah hari terakhir anda menstruasi. Karena itu, sangat disarankan untuk seringkali melakukan hubungan seksual pada masa masa tersebut, terutama bagi pasangan yang sudah mendambakan momongan.

Untuk menghitungnya, anda bisa menggunakan kalender. Ingat dan catat hari pertama serta hari terakhir anda menstruasi di setiap bulannya untuk menemukan siklus ovulasi dan fertilisasi tersebut. Jika anda merasa kesulitan dan tidak terlalu yakin, anda bisa menemui praktisi kesehatan, bidan ataupun dokter yang berkaitan untuk membantu anda.

  1. Cara Meningkatkan Kesuburan : Tak Perlu Takut untuk Sering Melakukan Hubungan Seksual

Ada beberapa pasangan yang terkadang memiliki anggapan bahwa menunda melakukan hubungan seks serta hanya melakukan hubungan badan di hari yang tepat adalah cara yang paling benar. Namun, ternyata tidak sama sekali. Sperma memang akan keluar lebih banyak jika anda sudah lama tak melakukan hubungan seksual, namun ternyata gerakan sperma saat tersebut lebih lambat atau menurun. Seperti yang kita tahu bahwa kecepatan sperma adalah hal penting dalam proses pembuahan. Data yang ada menyebutkan bahwa kemampuan sperma dapat menurun jika anda tak melakukan hubungan seks selama lebih dari 5 hari. Kabar baiknya adalah sering melakukan hubungan seksual ternyata mampu meningkatkan kesempatan anda untuk cepat hamil.

  1. Cara Meningkatkan Kesuburan : Memilih Pelumas Seks yang Tak Merusak Kualitas Sperma

Jika anda memilih untuk semakin sering melakukan hubunagn seksual, maka bukan tak mungkin anda akan membutuhkan lubrikan atau pelumas vagina untuk mencegah luka dan meningkatkan gairah pasangan. Namun, pemilihan lubrikan ini pun harus tepat dan jangan sampai membuat kualitas sperma menjadi rusak. Pilihlah lubrikan yang memang dibuat untuk melumasi vagina. Jangan menggunakan sabun karena ternyata sabun malah justru dapat merusak sperma.

  1. Cara Meningkatkan Kesuburan : Mengganti Pola Hidup Anda Menjadi Lebih Sehat

Pola Hidup sehat merupakan kunci untuk masalah kesehatan, termasuk untuk meningkatkan kesuburan. Untuk memulai pola hidup sehat anda bisa melakukan olahraga yang teratur dan akan lebih menyenangkan jika anda melakukannya bersama dengan pasangan. Selain olahraga dengan teratur, memperhatikan asupan makanan juga cara yang direkomendasikan untuk meningkatkan kesuburan. Pilihlah makanan yang tinggi akan folat dan menghindari makanan yang menjadi sumber lemak trans. Pilihlah makanan dengan protein sumber nabati dibandingkan dengan sumber hewano dan perbanyak mengkonsumsi buah serta sayuran.

Itulah cara aman dan mudah untuk meningkatkan kesuburan dan jangan lupa untuk senantiasa berdoa kepada Tuhan agar anda dan pasangan segera dipercaya mendapatkan momongan.

Baca Juga Artikel kami yang Lainnya :

Related For Bagaimana Cara Meningkatkan Kesuburan Secara Aman untuk Pria dan Wanita?