Menu

Buah Untuk Menurunkan Kolesterol

10 Januari 2018 | Tips kesehatan

Buah Untuk Menurunkan Kolesterol

– Buah Buahan dapat dibilang merupakan super food yang banyak memberikan manfaat baik untuk tubuh dan kesehatan kita. Tak heran jika buah seringkali digunakan sebagai makanan pendukung untuk menyembuhkan atau mengatasii gangguan kesehatan tertentu. Misalnya saja untuk kolesterol. Kolesterol merupakan sebuah penyakit yang seringkali di derita oleh orang di Indonesia. dan buah buahan seringkali disarankan oleh dokter bagi mereka yang ingin menurunkan kadar kolesterol dengan cepat dan sehat.

Ingin tahu beberapa jenis buah buahan yang  baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh? Berikut ini daftarnya.

Buah Tomat yang Aktif untuk Menurunkan Kolesterol

Terdapat sebuah riset atau penelitian di jurnal maturitas yang menyebutkan bahwa tomat yang telah dimasak memiliki kandungan yang kurang lebih sama dengan obat statin. Statin adalah obat yang dapat menurunkan kolesterol dan merupakan obat untuk gangguan jantung pula. Buah tomat dirasa lebih baik dibandingkan dengan obat kimia tersebut karena buah tomat tidak akan memberikkan efek samping yang berbahaya atau tidak nyaman untuk tubuh seperti misalnya lemas, sakit otot atau bahkan kerusakan pada saraf tubuh.

Tomat dapat memberikan khasiat yang sangat baik karena memiliki senyawa yang bernama likopen, yang akan memberikan warna merah pada buah tomat yang sudah matang. Likopen juga merupakan antioksidan yang sangat penting untuk menurunkan resiko stroke serta serangan pada jantung. Buah tomat juga mengandung kandungan gizi lainnya seperti vitamin B dan kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan juga kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Agar anda mendapatkan kandungan likopen yang paling baik, buah tomat sebaiknya dimasak terlebih dulu karena proses pemasakan tersebut akan membuat likopen menjadi lebih mudah untuk diserap tubuh manusia. Mengkonsumsi 50 gram pasta tomat atau setengah liter Dari sari tomat akan menghindarkan atau memperkecil resiko anda untuk terkena serangan jantung.

Buah Alpukat, Buah Kaya Lemak Baik yang Memang Baik untuk Kolesterol

Mungkin banyak orang yang selama ini beranggapan bahwa alpukat merupakan buah yang tak terlalu baik untuk dikonsumsi karena mengandung banyak lemak. Faktanya, alpukat memang mengandung banyak lemak yakni sekitar 16% sehingga sangat baik digunakan sebagai booster bagi balita untuk membantu menaikkan berat badan mereka. Namun yang perlu diluruskan adalah, lemak yang terdapat pada alpukat merupakan lemak yang sehat dan baik untuk tubuh. Hal ini karena susunan lemak di dalam alpukat (sekitar 63% penyusunannya) merupakan asam lemak yang tak jenuh atau secara lebih detail lagi merupakan asam lemak tak jenuh tunggal.

Lemak tak jenuh yang terkandung pada alpukat pun memiliki manfaat lain yakni sebagai antioksidan yang dapat menjaga agar pembuluh darah kita selalu sehat dan terhindar dari gangguan kolesterol yang menumpuk seperti LDL atau low density lipoprotein. Selain baik untuk membantu menurunkan kolesterol, alpukat juga baik untuk mereka yang terserang penyakit gula atau diabetes. Hal ini karena adanya kandungan serat dan omega 9 pada alpukat yang berfungsi untuk menjaga kadar gula di dalam darah pada tubuh kita.

Jeruk Nipis, Buah Masam dengan Khasiat Luar Biasa

Jeruk nipis memiliki rasa yang masam jika dikonsumsi secara langsung. Oleh karena itu, kebanyakan orang mengkonsumsinya dengan cara dicampur pada masakana atau digunakan sebagai teman minum, misal dengan membuat minuman jeruk hangat, jus jeruk nipis dan lain sebagainya. buah masam yang satu ini mengandung senyawa yang bernama flavonoid yang berfungsi untuk menghambat produksi LDL atau kolesterol jahat. Karena itulah jeruk nipis akan membantu atau mengurangi resiko adanya serangan jantung. Zat flavonoid juga bisa kita temukan pada bahan bahan masakan yang lain seperti brokolo, bawang Bombay, bawang merah, delima, kedelaii dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis bagi penderita kolesterol tinggi anda bisa mengkonsumsi jeruk nipis dengan cara mengiris tipis jeruknya dan masukkan ke dalam gelas. Setelah itu tuang air panas dan tunggu hingga 30 menit. Minum hingga habis dan konsumsi sebanyak dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Anda tak perlu khawatir jika jeruk nipis akan membuat perut anda menjadi perih karena hal tersebut tak akan terjadi.

Si Buah Kaya Air, Buah Semangka

Siapa yang tak kenal dengan buah dengan ukuran yang besar dan memiliki rasa yang segar ini? Buah semangka yang memiliki kandungan air yang tinggi ini juga ternyata sangat ampuh untuk membantu menurunkan kadar kolesterol yang terlampau tinggi lho. Hal ini karena buah semangka mengandung senyawa yang bernama likopen yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah dengan cepat. Senyawa likopen ini pun sama dengan yang kita temukan pada buah tomat. Sembari menikmati kesegarannya ternyat anda juga bisa mendapatkan manfaatnya untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

Buah Pir, Buah Sumber Serat Larut Air

Sama dengan buah apel, buah pir juga merupakan salah satu buah sebagai sumber serat larut air yang sangat baik. Serat larut dan akan membentuk sebuah substansi seperti gel yang termasuk pectin. Apel memiliki kandungan pectin yang tinggi, namun buah pir ternyata memiliki kandungan pectin yang lebih tinggi. Oleh karena itulah, pir merupakan buah yang sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, buah pir juga dapat membantu memperlancar buang air besar dan membersihkan usus.

Buah Apel dengan Kandungan Beta Glucan-nya

Buah berwarna merah ini memang populer akan kandungan gizinya yang bisa mmebuat tubuh menjadi lebih sehat. Untuk menurunkan kolesterol, apel memiliki sebuah kandungan gizi yang bernama beta glucan dimana zat yang satu ini dapat membantu untuk mengontrol produksi dari kolesterol.  Apel juga merupakan buah yang berperan sebagai sumber serat larut dimana buah ini dapat membantu menurunkan kolesterol serta mencegah terjadinya pengerasan arteri. Selain itu, apel juga dapat membantu kita terhindar dari serangan jantung serta penyakit stroke. Untuk bisa memperoleh manfaat baik dari buah manis yang satu ini, kita bisa mengkonsumsinya secara langsung atau mengolahnya menjadi jus apel yang segar.

Selain dikonsumsi dengan cara diatas, apel juga bisa diolah menjadi cuka apel. Mengkonsumsi cuka apel dengan rutin bahkan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL lho dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Selain itu, apel pun sangat baik untuk mereka yang menderita penyakit gula atau diabetes. Cuka apel sendiri dapat meningkatkan sensitivitas para penderita diabetes tipe 2.

Buah Pisang dengan Kandungan Kalium

Buah pisang merupakan salah satu sumber serat yang baik yang dapat mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat. Kalium yang trerkandung pada pisang pun dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau yang lebih dikenal juga dengan nama hipertensi.

Bagaimana dengan ulasan kami tentang buah untuk menurunkan kadar kolesterol ? cukup mudah didapatkan bukan di toko toko buah? jangan lupa selain konsumsi buah, menurunkan kolesterol juga harus disertai dengan olah raga yang rutin.

 Baca artikel kami yang lainnya ya?

Related For Buah Untuk Menurunkan Kolesterol