Menu

Cegah Kanker Serviks Sejak Dini

2 Januari 2018 | Penyakit

Cegah Kanker Serviks Sejak Dini

– Kanker serviks atau kanker mulut rahim adalah jenis kanker yang paling banyak dialami oleh Kaum Hawa. Kanker jenis ini telah membunuh ribuan wanita setiap tahunnya dan menjadi penyebab utama kematian wanita di dunia.

Kanker serviks menjadi pembunuh senyap (silent killer) bagi banyak wanita. sayangnya, penyakit mematikan ini jarang disadari keberadaannya karena gejala-gejalanya sering diabaikan. Ketika penderita menyadari bahwa dirinya mungkin menderita kanker serviks, dia telah berada pada fase lanjut. Umumnya, kanker serviks ini menyerang  daerah leher rahim sehingga sering disebut sebagai kanker leher rahim. Jalan masuk ini merupakan area sempit di bawah antara vagina dan rahim.

Kanker-Seviks

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Ada baiknya para wanita mengetahui apa saja gejala-gejala kanker serviks khususnya yang paling sering diabaikan agar dapat melakukan pengobatan sejak dini.

Berikut adalah gejala-gejala dari kanker serviks yang cukup sering diabaikan oleh wanita:

  1. Gejala Kanker Serviks : Terjadi perdarahan di luar siklus menstruasi

Tidak sedikit perempuan yang mengalami perdarahan abnormal di luar siklus menstruasinya. Namun sebagian besar tidak melakukan skrining. Padahal, mengalami perdarahan di luar siklus menstruasi bisa jadi gejala awal dari kanker serviks. Perdarahan juga sering muncul setelah berhubungan.

  1. Gejala Kanker Serviks : Mengalami rasa nyeri perut bagian bawah

Biasanya, gejala lain dari kanker serviks adalah rasa nyeri yang terjadi pada perut bagian bawah. Penderita kanker serviks menganggap ini hanyalah nyeri perut biasa atau masuk angin. Di samping itu, nyeri juga kerap dirasakan saat berhubungan badan.

  1. Gejala Kanker Serviks : Keputihan

Kaum wanita sering menganggap enteng gejala keputihan karena mereka menganggap bahwa keputihan bisa disembuhkan dengan cara yang cukup mudah. Penderita kanker serviks tidak memikirkan apa saja efek panjang dari keputihan yang mereka alami termasuk kemungkinan gejala kanker serviks.

Biasa keputihan pada kanker serviks berbau amis, banyak dan kontur nya sangat lengket seperti keju. Hal ini bisa mirip dengan keputihan yang diakibatkan oleh jamur.

  1. Gejala Kanker Serviks : Bengkak pada tungkai kaki

Bengkak pada kaki bisa sebagai tanda adanya penyumbatan pada saluran limfa oleh sel tumor. Perlu kita ketahui saluran limfa bertugas sebagai pengatur arus balik cairan dari seluruh tubuh untuk kembali ke jantung. Jadi ketika tersumbat kaki akan terlihat membengkak karena cairan terbendung pada daerah kaki. Keluhan ini sering diabaikan dan dianggap bengkak biasa pada kaki karena kelelahan.

  1. Gejala Kanker Serviks : Penurunan berat badan yang drastis

Sama seperti kanker pada umumnya, kanker serviks juga menyebabkan penurunan berat badan pada penderitanya. Ini disebabkan serviks yang semakin besar bisa menekan perut sehingga menyebabkan turunnya nafsu makan. Inilah penyebab berat badan turun secara drastis.

  1. Gejala Kanker Serviks : Anemia

Anemia bisa disebabkan beberapa hal termasuk gejala dari kanker serviks. Anemia ditandai dengan rasa lelah yang teramat sangat dan jantung penderita berdetak lebih cepat dari biasanya sehingga penderita nampak pucat.

Baiklah setelah mengetahui tanda awal kanker serviks, kita akan masuk ke tahap yang paling penting yaitu bagaimana cara mencegah penyakit ini. Agar terhindar dari kanker serviks,  beberapa hal berikut ini sebaiknya dilakukan oleh kaum wanita sebagai usaha pencegahan:

1. Mencegah Kanker Serviks : Hindari kebiasaan merokok

Rokok bisa menjadi salah satu penyebab utama dari kanker serviks. Agar lebih aman dari resiko kanker serviks, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok atau ikut menghirup asap rokok. Bahaya dari rokok yang menjadi penyebab kanker serviks ini yaitu adanya zat kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok. Zat-zat tersebut yaitu nikotin, karbon monoksida dan tar. Ketiganya mampu mmeicu pertumbuhan sel kanker.

2. Mencegah Kanker Serviks :Terapkan pola hidup sehat

Ini bisa jadi cara pencegahan yang paling efektif sekaligus paling murah. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, maka anda terhindar dari resiko terserang kanker serviks plus penyakit-penyakit berat lainnya. Cara menerapkan pola hidup sehat yaitu dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak vitamin dan serat serta rutin melakukan olahraga. Ini bisa membantu anda meningkatkan daya tahan atau imunitas dalam tubuh.

3. Mencegah Kanker Serviks : Tidak berganti-ganti pasangan dalam berhubungan seks

Riset membuktikan bahwa perempuan yang kerap berganti-ganti pasangan dalam berhubungan seks beresiko lebih besar terserang kanker serviks. Sering berganti pasangan beresiko terhadap menularnya virus HPV atau virus penyebab kanker serviks. Sekalipun menggunakan alat kontrasepsi ketika berhubungan badan, resiko tetap besar karena sentuhan pada area kulit dengan bakteri penyebab kanker serviks bisa membuat seseorang terserang virus HPV.

4. Mencegah Kanker Serviks : Tes Pap Smear

Salah satu langkah efektif mencegah kanker serviks yaitu dengan melakukan tes Pap Smear. Tes ini bisa mendeteksi kanker serviks. Para perempuan sebaiknya mulai melakukan tes untuk mencegah kanker serviks pada usia 21 tahun sampai 29 tahun.

Tes ini digunakan untuk memeriksa bagian leher rahim sampai panggul. Ini dilakukan supaya kanker serviks tidak menyebar. Ini juga sekaligus mencegah kanker menjalar ke bagian tubuh yang lainnya. Para perempuan sebaiknya melakukan penjadwalan tes pap smear dengan periode menstruasi, sebaiknya 5 hari setelah menstruasi berhenti, perempuan sebaiknya tidak menggunakan krim atau gel pada vagian sebelum tes, perempuan yang akan melakukan tes ini tes ini sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual.

5. Mencegah Kanker Serviks : Suntik vaksin HPV

Suntik vaksin untuk kanker serviks sebaiknya dilakukan untuk tindakan pencegahan. Vaksin HPV merupakan vaksin yang tidak hidup namun melindungi. Perlindungan dari jenis vaksin ini diharapkan bisa bertahan lama tetapi vaksin tetap tidak bisa melindungi dari semua jenis HPV yang menyebabkan kanker serviks.

Lakukan vaksinasi secara rutin khususnya bagi anak perempuan yang berusia 11 tahun. Jenis vaksin yang direkomendasikan untuk mencegah kutil kelamin yaitu vaksin HPV4. Untuk anak perempuan yang belum melakukan hubungan seks pertama kali, vaksin bisa mencegah sampai 100%.

 

Baca juga artikel kami yang lainnya :

Related For Cegah Kanker Serviks Sejak Dini