Menu

Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Asam Urat

18 Desember 2017 | Penyakit

Bagaimana cara mengobati penyakit asam urat ?

– Gout atau penyakit asam urat merupakan penyakit yang mungkin sudah awam di dengar di Indonesia. penyakit ini akan menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman bagi penderitanya seperti rasa nyeri yang tak tertahankan, rasa panas pada persendian dan timbulnya pembengkakan. Pada dasarnya, semua sendi dapat terserang asam urat, namun biasanya daerah yang paling sering terserang adalah sendi jempol kaki setelah itu pergelangan kaki, jari tangan, jari kaki dan persendian lutut.

Jika dibandingkan, laki laki memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terserang asam urat jika dibandingkan dengan perempuan terutama saat mereka memiliki usia diatas 30 tahun. Sedangkan pada perempuan, resiko terjangkit penyakit asam urat biasanya terjadi setelah menopause. Selain hal tersebut masih ada beberapa penjelasan lagi mengenai penyakit ini yang akan kami sampaikan dalam penjelasan dibawah.

 mengobati-asam-urat

Gejala Penyakit Asam Urat

Gejala penyakit asam urat dapat dikatakan cukup cepat dimana penderitanya akan merasakan langsung gejala tersebut dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit ini dapat berlangsung lama mulai dari 3 hari hingga 10 hari lamanya. Salah satu gejala yang muncul adalah adanya pembengkakak dimana pembengkakan tersebut tak hanya terjadi pada sendiri. Pembengkakan juga terjadi di daerah sekitar sendi yang disertai dengan kulit warna yang menjadi merah. Biasanya pada tahap ini pasien atau penderita asam urat tidak akan bisa bergerak dengan bebas. Pada beberapa kasus bahkan ada beberapa pasien yang tidak bisa berjalan.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Mungkin banyak dari anda yang berpikiran apakah penyebab dari penyakit asam urat sehingga bisa membuat penderitanya menjadi tak leluasa bergerak untuk sementara waktu namun kondisi tersebut bisa juga sembuh? Gejala seperti pembengkakan dan nyeri karena penyakit ini biasanya disebabkan oleh adanya tusukan Kristal Kristal tajam di daerah sekitar sendiri. Kristal tersebut disebabkan oleh adanya penumpukan zat asam urat karena orang tersebut gemar mengkonsumsi makanan atau minuman yang bisa memicu kambuhnya penyakit tersebut.

Beberapa contoh makanan yang bisa memicu muncul atau kambuhnya penyakit asam urat  tersebut antara lain adalah daging merah, hidangan laut dan jeroan. Selain dari makanan, asam urat juga bisa dipicu oleh kegemaran seseorang dalam mengkonsumsi minuman beralkohol dan mereka yang menderita obesitas (berat badan berlebih), penyakit ginjal kronik dan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain faktor tersebut, faktor keturunan atau riwayat keluarga yang juga menderita asam urat ternyata memiliki pengaruh atau bisa memicu seseorang untuk mengidap asam urat juga. Dengan arti kata lain, penyakit ini memiliki faktor genetik juga.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Asam Urat?

Jika anda mengalami gejala gejala yang telah kami sebutkan sebelumnya, ada baiknya untuk menguhubungi dokter anda. Untuk memastikan semuanya, maka dokter akan melakukan diagnosa dengan cara melakukan serangkaian tes dan pemeriksaan untuk mengetahui apakah terdapat Kristal Kristal natrium urat yang terdapat pada persendian. Diagnosa tersebut sangat perlu dilakukan mengingat ada pula gangguan kesehatan lainnya yang gejalanya mirip dengan asam urat. Selain melakukan tes, dokter dapat juga melakukan pemeriksaan kadar asam urat di dalam darah.

Sebelum anda diminta untuk melakukan tes, pertama tama biasanya dokter akan memberikan beberapa pertanyaan seperti:

  • Lokasi sendi manakah yang terasa sakit
  • Seberapa sering gejala yang anda rasakan muncul
  • Seberapa cepat gejala tersebut biasanya muncul
  • Adakah obat obatan tertentu yang sedang anda konsumsi saat itu atau sebelumnya
  • Apakah anda memiliki riwayat keluarga dengan penyakit asam urat

Setelah beberapa test dan pertanyaan tersebut maka dokter akan bisa menentukan apakah anda benar benar positif menderita asam urat atau tidak.

Penanganan dan Pengobatan yang Tepat untuk Asam Urat

Untuk penanganannya, terdapat dua sasaran utama yang bisa kita ketahui yakni dengan meringankan gejalanya dan mencegah agar serangan penyakit tersebut tak terulang kembali. Berikut penjelasannya secara lebih rinci.

Meringankan Gejala Asam Urat

Untuk meringankan gejala asam urat anda bisa melakukan langkah sderhana dengan menempelkan kanton es di bagian sendi yang sedangt terasa sakit. Selain melakukan cara tersebut, anda juga bisa mengkonsumsi obat yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit seperti misalnya colchicines OAINS / Obat anti inflamasi nonsteroid dan obat obatan lain yang termasuk di dalam golongan steroid. Tentu obat obatan ini harus dengan resep dan pengawasan dokter ya

Mencegah Asam Urat

Cara yang kedua adalah untuk mencegah kambuhnya penyakit asam urat. Untu hal ini anda bisa mengkonsumsi obat obatan dari dokter yang mana obat ini berfungsi untuk meringankan kadar asam urat di dalam tubuh, contohnya adalah allopurinol. Selain mengkonsumsi obat obatan dari dokter secara rutin, anda biasanya juga akan disarankan untuk menjauhi beragam jenis makanan dan minuman yang bisa memicu kambuhnya kembali penyakit asam urat dan ada baiknya untuk menurunkan berat badan jika memang anda mengalami obesitas.

Kesimpulanya, memiliki pola hidup yang lebih sehat dan dikombinasikan dengan mengkonsumsi obat obatan dari dokter secara rutin sangat ampuh untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh seseorang. Hal ini juga trerbukti dapat membuat kristal kristal tajam yang telah terbentuk  menjadi larut dan asam urat menjadi tidak kambuh kembali.

Komplikasi Penyakit Akibat Asam Urat

Pada dasarnya penyakit asam urat kecil kemungkinannya untuk membuat komplikasi penyakit lain. Namun hal ini tetap wajib untuk kita waspadai. Beberapa penyakit yang mungkin saja muncul akibat adanya asam urat antara lain adalah:

  • Adanya benjolan keras atau tofus pada sekitar area yang sedang mengalami peradangan
  • Adanya kerusakan sendi secara permanen karena peradangan yang terus menerus terjadi serta tofus yang terletak di dalam sendi sehingga berpotensi merusak tulang rawan serta sendi tersebut sendiri. Ini merupakan kasus yang seringkali terjadi pada penyakit asam urat yang tidak ditangani atau diabaikan secara bertahun tahun lamanya.
  • Batu ginjal yang dapat terjadi akibat adanya pengendapan asam urat yang telah bercampur dengan zat kalsium pada ginjal.

Apakah Asam Urat dan Rematik Sama?

Pada dasarnya asam urat dan rematik adalah dua hal yang berbeda meskipun banyak orang yang menganggapnya sama. Rematik merupakan penyakit akibat adanya peradangan kronis yang teerdapat pada persendian. Kondisi ini disebabkan oleh adanya gangguan autoimun pada dalam tubuh manusia. Sementara itu asam urat merupakan sebuah kondisi dimana seseorang mengalami nyeri yang cukup menyiksa di bagian tulang atau persendiannya. Daerah persendian yang seringkali terserang adalah pergelangan tangan, kaki, siku serta lutut. Rasa nyeri pada asam urat disebabkan oleh asam urat yang telah tertimbun dimana timbunan ini diakibatkan oleh zat purin yang berlebihan dimana pola makan seseorang menjadi pengaruh utamanya.

Jadi sangat jelas bahwa Penyakit asam urat dan rematik adalah dua hal yang berbeda dengan penanganan yang juga berbeda.

Baca Juga Artikel Kami yang Lainnya :

Related For Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Asam Urat