Menu

Gejala Kanker Payudara Stadium Awal

28 Desember 2017 | Penyakit

Mengenal Gejala Kanker Payudara Stadium awal dan Cara Memeriksanya Sedari Dini.

– Kanker payudara merupakan jenis kanker yang umum dialami oleh wanita. Penyakit yang sangat berbahaya ini tentu saja bisa ditangani dengan baik jika diketahui ketika gejala kanker payudara stadium awal terdeteksi dengan baik. Dengan mengetahui gejala-gejala kanker payudara, bisa diputuskan jenis penanganan yang tepat dengan resiko kesembuhan yang juga besar.

Berikut gejala-gejala kanker payudara yang umum dialami oleh wanita:

http://tanyapenyakit.com/wp-content/uploads/2017/12/3.-typus.jpg

  1. Gejala Kanker Payudara : Munculnya benjolan pada area payudara

Ini adalah gejala yang paling umum dialami oleh penderita kanker payudara. Benjolan pada ketiak atau area sekitar payudara adalah tanda awal mereka yang mengalami kanker payudara pada stadium awal. Meskipun munculnya benjolan ini tidak selalu menandakan anda terkena kanker, ada baiknya anda waspada dan langsung konsultasi ke dokter.

Agar lebih mudah membedakan benjolan biasa atau benjolan kanker, ada baiknya periksa karakteristiknya berikut ini:

  • Benjolan yang mungkin merupakan gejala kanker:
  • Benjolan terasa sangat keras
  • Benjolan tidak mudah dibedakan
  • Benjolan tidak bergerak dan menetap di payudara
  • Biasanya, hanya ada satu benjolan saja dan tidak ada benjolan di payudara yang lainnya
  • Benjolan mengeluarkan cairan
  1. Gejala Kanker Payudara : Nyeri pada area tertentu di payudara

Payudara wanita terkadang terasa nyeri ketika sebelum menstruasi atau ketika hamil. Tetapi tentu saja nyeri tersebut hilang setelah siklus yang dilalui. Jika nyeri tersebut tidak juga hilangm ada baiknya anda cek lagi posisi nyeri tersebut sama atau tidak. Jika posisinya sama, bisa jadi itu merupakan gejala dari kanker payudara yang harus diwaspadai,

  1. Gejala Kanker Payudara : Kemerahan dan Bengkak pada payudara

Jika terdapat perubahan dari warna kulit sekitar payudara seperti bengkak, kemerahan atau nampak gelap pada satu sisi dan bagian tertentu dari payudara anda, ada baiknya anda mulai konsultasi dengan dokter. Kemerahan pada kanker payudara ini biasanya terasa hangat jika disentuh. Ini sama seperti saat sedang demam. Hanya berbeda areanya saja. Bengkak pada kanker payudara juga cenderung keras.

  1. Gejala Kanker Payudara : Bentuk dan ukuran payudara yang berubah

Biasanya, salah satu ciri dari kanker payudara yaitu munculnya keanehan pada salah satu bentuk payudara. Ciri ini cukup umum dialami oleh penderita kanker payudara. Ukuran payudara pun juga mengalami perubahan dari yang semula besar menjaid lebih kecil,  payudara yang sebelumnya nampak mancung menjadi condong ke bawah. Jika muncul tanda-tanda ini, ada baiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter lebih lanjut.

  1. Gejala Kanker Payudara : Puting masuk ke dalam

Biasanya puting susu akan muncul atau minimal sejajar dengan kulit. Namun pada gejala kanker payudara, puting susu telah masuk ke dalam dan tidak nampak sewajarnya. Sebenarnya tidak hanya puting susu namun bagian lain pada payudara yang menukik wajib anda waspadai dan harus dilakukan pengecekan lebih lanjut agar tidak lebih berbahaya.

  1. Gejala Kanker Payudara : Keluar Cairan atau discharge

Benjolan yang menetap disertai pengeluaran cairan pada payudara yang abnormal bisa cairan bening, darah, cairan seperti asi ataupun nanah patut dicurigai. Walaupun cairan seperti asi ini dapat muncul secara normal ketika dilakukan rangsangan ataupun pemijatan pada area puting, tetapi tetap dicurigai gejala kanker payudara jika ada benjolan d sekitar payudara.

Setelah mengetahui gejalanya, hal yang harus dilakukan adalah memeriksa payudara. Pemeriksaan ini bisa dilakukan sendiri dirumah ataupun dengan alat canggih. Pemeriksaan yang dapat dilakukan antara lain :

  1. Cara Memeriksa Payudara : Pemeriksaan payudara sendiri atau sadari

Pemeriksan ini mudah dan dapat dilakukan sendiri dirumah. Pemeriksaan ini dilakukan dengan berdiri di depan cermin, setelah itu perhatikan kedua bentuk payudara apakah simetris atau tidak. Setelah itu lakukan dengan mengangkat kedua lengan ke atas dan diperhatikan lagi bentuk payudara.

Setelah itu menggunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk meraba payudara secara melingkar ataupun diagonal. Hal ini harus dilakukan secara terstruktur agar tidak ada daerah payudara yg tidak teraba. Selanjutnya dengan berbaring. Ganjal salah satu punggung dengan bantal sehingga lebih tinggi. Lalu lakukan perabaan payudara. Hal ini bertujuan untuk meraba massa yang lebih dalam lagi.

  1. Cara Memeriksa Payudara : Usg payudara

Usg merupakan pemeriksaan non invasive atau aman tanpa efek samping. Biasanya pemeriksaan dengan usg dilakukan pada wanita yang berusia dibawah 40 tahun. Untuk mendeteksi gejala kanker payudara stadium awal lakukan usg berkala setiap 3 tahun sekali.

  1. Cara Memeriksa Payudara : Mammografi

Pemeriksaan mammografi ditujukan kepada wanita yang berusia diatas 40 tahun. Tujuan nya untuk mendeteksi sel kanker juga. Perbedaan dengan usg, mammografi menggunakan alat khusus seperti meja dan menjepit payudara yang nantinya digunakan untuk memeriksa payudara seperti usg. Pada usia dibawah 40 tahun karena jaringan payudara masi padat, pemeriksaan ini sulit dilakukan. American Cancer Society menyarankan untuk melakukan pemeriksaan mammografi rutin setahun sekali.

Itulah bahasan kami seputar kanker payudara. Semoga mudah dipahami dan bermanfaat untuk anda. Baca juga artikel kami yang lainnya :

Related For Gejala Kanker Payudara Stadium Awal