Menu

Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan

23 Januari 2018 | Tips kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan aktivitas bersepeda? Bersepeda merupakan olahraga yang sangat menyenangkan. Sejak kecil, kita akrab dengan sepeda. Saat ini, bersepeda banyak dilakukan oleh sebagian orang pada akhir pekan untuk berolahraga. Bahkan, ada yang berangkat ke kantor dengan bersepeda dengan alasan kesehatan. Di samping menyenangkan, bersepeda juga mendatangkan manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat bersepeda? Simak ulasannya berikut ini.

Manfaat bagi kesehatan jantung /sistem kardiovaskuler

Bersepeda termasuk dalam olahraga kardio karena bisa meningkatkan kinerja paru-paru, jantung dan sistem sirkulasi. Bersepeda secara teratur juga dapat mengurangi kolesterol jahat dalam darah, mampu memperkuat otot jantung dan bisa meningkatkan tensi darah yang terlalu tinggi. Turunnya kolesterol jahat dalam darah bisa mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah. Otot jantung akan lebih efektif sehingga bisa memompa darah serta oksigen ke seluruh tubuh secara optimal. Semakin baik sistem kardiovaskuler anda, maka resiko untuk terkena serangan jantung, stroke dan hipertensi akan semakin tinggi. Sebuah studi di Denmark menunjukkan bahwa orang yang bersepeda secara rutin akan terhindar dari penyakit jantung pada usia tua.

Menurunkan berat badan

Manfaat lainnya dari bersepeda yaitu mampu menurunkan berat badan karena dengan bersepeda, tingkat metabolisme akan naik, otot akan menjadi kuat dan lemak-lemak dalam tubuh terbakar. Bersepeda akan membantu anda mengeluarkan energi lebih besar daripada asupan energi yang didapatkankarena bersepeda akan membantu membakar kalori. Akan lebih optimal lagi, jika anda juga turut menjaga pola makan anda.

Banyaknya kalori yang terbakar ketika bersepeda akan sangat tergantung dari durasi, jarak dan kecepatan saat bersepeda. Sebuah studi menunjukkan bahwa bersepeda selama 30 menit setiap harinya akan membakar 5 kg lebih lemak.

Memperkuat otot

Ketika bersepeda, maka banyak anggota tubuh yang terlibat mulai atas hingga bawah. Ini akan memperkuat otot tubuh anda. Anggota tubuh yang aktif ketika bersepeda ini  akan membuat otot tubuh mengalami peningkatan aktivitas dan pada akhirnya otot akan menjadi lebih kuat dan juga fleksibel. Koordinasi dan keseimbangan tubuh akan terlatih juga.

Menambah konsentrasi

Bersepeda juga akan membantu anda meningkatkan konsentrasi.  Ketika bersepeda, anda akan menjaga fokus agar sepeda bisa berjalan dengan baik. Ini akan melatih konsentrasi anda menjadi lebih baik. Anda akan lebih pandai dalam mengarahkan fokus anda.

Meningkatkan rasa bahagia

Di samping bermanfaat secara fisik, bersepeda juga akan menambah rasa bahagia dalam hati anda. Mengapa anda merasa bahagia? Karena anda memproduksi hormon dopamin. Hormon ini bisa meningkatkan rasa bahagia. Dengan meningkatnya rasa bahagia, maka stres yang anda derita bisa dikurangi dan depresi yang anda alami pun bisa teratasi. Maka, sering-seringlah bersepeda untuk meningkatkan rasa bahagia dalam hati anda.

Meningkatkan daya tahan tubuh/ imunitas

Sejumlah studi menunjukkan bahwa aktivitas tubuh pada tingkat moderat seperti bersepeda bisa meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas sehingga tubuh lebih kebal terhadap penyakit termasuk pilek dan batuk. Ini akan lebih optimal lagi jika anda bersepeda setiap hari menuju ke kantor kalau kondisinya memungkinkan.

Memperkuat sendi

Selain otot, sendi-sendi pada tangan dan kaki  juga akan aktif. Siku, lutut, pergelangan kaki dan tangan adalah beberapa jenis sendi yang akan bekerja ketika bersepeda. Mobilitas pada persendian yang baik akan membuat sendi menjadi lebih fleksibel. Sendi-sendi yang kuat akan membantu pergerakan seseorang menjadi lebih lincah. Ini akan menghindarkan lesu dan osteoporsis di usia tua.

 

Baca juga artikel kami yang lainnya :

http://tanyapenyakit.com/manfaat-kopi-untuk-kesehatan/

http://tanyapenyakit.com/benarkah-micin-atau-msg-sebabkan-kebodohan/

Related For Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan