Menu

Manfaat Kopi untuk Kesehatan

25 Desember 2017 | Tips kesehatan

Manfaat Kopi untuk Kesehatan

– Kopi, banyak dari anda yang pasti menggemari minuman pahit nan nikmat yang satu ini ya? Ya, kopi merupakan minuman yang dapat membuat anda bangun dengan lebih segar di pagi hari. Minuman ini pun dapat menemani anda saat anda sulit untuk tertidur di malam hari. Kopi memang tidak dikategorikan sebagai salah satu minuman kesehatan, namun kopi ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan apabila dikonsumsi dalam jumlah yang benar.

Manfaat-kopiSebuah penelitian menunjukkan bahwa meminum 3 gelas kopi atau lebih dalam satu hari dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh “Natonal Cancer Institute” selama 13 tahun lamanya mengungkapkan bahwa  mereka yang rutin mengkonsumsi kopi memiliki 16% lebih kecil resiko untuk mengalami kematian dini.

Selain manfaat diatas, kopi pun memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut merupakan manfaat yang bisa kita dapatkan dengan meminum kopi dalam jumlah yang normal dan secara rutin:

  1. Manfaat Baik Kopi untuk Kesehatan : Mencegah Batu Empedu

Pada tahun 2002 silam, para peneliti yang berasal dari Harvard menemukan fakta bahwa wanita yang meminum 4 cangkir kopi setiap hari akan menurunkan resiko untuk terjangkit penyakit batu empedu. Selain penemuan tersebut, sebelumnya telah dilakukan penelitian serupa oleh pihak lain dan menemukan bahwa hasil yang sama juga ditemukan bagi para pria yang rutin meminum kopi. Dikatakan kafein berefek pada kontraksi kantung empedu. Sehingga mencegah pembentukkan batu pada empedu. Tetapi bagi anda yang memiliki gangguan peradangan empedu tidak disarankan minum-minuman yang mengandung kafein. karena dapat menyebabkan nyeri yang hebat pada daerah perut.

  1. Manfaat Baik Kopi untuk Kesehatan : Mencegah Depresi

Apakah anda sering atau terkena depresi? Jika iya, anda bisa memepertimbangkan untuk meminum kopi secara rutin mulai dari sekarang juga. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, para perempuan yang rutin mengkonsumsi atau minum kopi 2 hingga tiga cangkir setiap harinya dapat menurunkan resiko untuk  terkena penyakit atau gangguan berupa depresi. Sedangkan mereka yang rutin meminum hingga 4 cangkir kopi setiap harinya dapat menurunkan resiko untuk terkena depresi sebanyak 20%. Penelitian ini tertuang dalam archives of internal medicine yang dilaksanakan pada tahun 2011 yang lalu.

  1. Manfaat Baik Kopi untuk Kesehatan : Untuk Meningkatkan Memori

Jika anda merasa bahwa ingatan anda kurang baik akhir akhir ini, mungkin meminum kopi secara teratur dapat menjadi solusi yang bisa anda coba. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005 menunjukkan bahwa kopi ternyata dapat membantu untuk meningkatkan dan memperbbaiki memori kita. Penelitian ini sesuai dengan yang direpresentasikan pada “Radiological Society of North America”. Secara lebih lanjut para peneliti menemukan bahwa dengan mengkonsumsi dua cangkir minum kopi dengan kafein dapat membantu untuk meningkatkan memori jangka pendek anda serta kecepatan reaksi.

  1. Manfaat Baik Kopi untuk Kesehatan : Menurunkan Risiko Diabetes

Sebuah studi yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa mereka yang rutin meminum kopi memiliki resiko yang lebih kecil untuk terkena penyakit diabetes tipe 2, dibandingkan dengan mereka yang tidak rutin meminum kopi. Bagaimana bisa? Berdasarkan laporan yang dilakukan pada bulan Januari tahun 2012 dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry mengatakan bahwa efek senyawa yang ada dan terkandung di dalam kopi sangat aktif untuk menghalangi hIAPP, yakni polipeptida yang mampu untuk memproduksi serat protein abnormal dimana senyawa ini seringkali ditemukan pada orang dengan diabetes tipe dua. Namun tentu saja anda tetap harus memperhatikan asupan gula yang anda konsumsi saat meminum kopi.

  1. Manfaat Baik Kopi untuk Kesehatan : Menurunkan Risiko Kanker

Mengkonsumsi kopi dengan teratur dapat dikaitkan dengan menurunnya resiko untuk terkena penyakit kanker payudara, prostat, endometrium dan kanker hati serta mereka yang terkait dengan berbagai hal seperti obesitas, insulin dan estrogen. Terdapat sebuah studi yang pernah dilakukan di Swedia pada tahun 2008 yang menemukan bahwa dengan meminum dua hingga tiga cangkir kopi sehari dapat mambantu mengurangi resiko atau dapat menunda munculnya kanker payudara, khususnya pada wanita. Namun, anda para pria sekarang dapat merasa senang karena akhir akhir ini terdapat sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health yang menemukan fakta bahwa dengan mengkonsumsi kopi biasa atau kopi tanpa kafein dapat menghindarkan para pria dari terkena penyakit kanker prostat atau kemungkinan mereka untuk terkena kanker prostat menjadi lebih rendah.

  1. Manfaat Baik Kopi untuk Kesehatan : Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Bagi anda yang ingin mempertahankan atau bahkan menurunkan berat badan, kopi dapat memabntu anda. terdapat sebuah studi yang telah dilakukan pada tahun 1980 yang menemukan fakta bahwa zat kafein  yang memang terkandung pada kopi dapat merangsang metabolism di dalam tubuh manusia. Rangsangan metabolisme ini terjadi untuk mereka dengan berat badan yang normal. Sedangkan pada mereka yang menderita obesitas atau berat badan berlebih, maka mereka akan mengalami oksidasi lemak yang cukup atau bahkan lebih besar.

  1. Manfaat Baik Kopi untuk Kesehatan : Membantu Menurunkan Risiko Parkinson 

Pada tahun 2000, terdapat sebuah jurnal yang di rilis oleh “Journal of American Medical Association” yang menemukan sebuah fakta bahwa seseorang yang rutin mengkonsumsi kafein serta kopi dapat menurunkan resikonya untuk terkena penyakit Parkinson. Kemudian pada tahun 2010 terdapat pula sebuah penelitian yang menunjukkan  bahwa dengan meminum 2 hingga 3 cangkir kopi setiap harinya akan membuat seseorang memiliki hingga 25% peluang yang lebih kecil untuk terjangkit penyakit Parkinson tersebut.

  1. Manfaat Baik Kopi untuk Kesehatan : Kopi Memiliki Kandungan Antidioksidan Tinggi

Edward Giovanucci, seorang peneliti dari Harvard membuat sebuah penelitian dimana penelitian tersebut dituangkan dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention menemukan bahwa kopi ternyata mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan kebanyakan antioksidan yang terkandung pada buah buahan dan sayuran. Pada tahun 2005 terdapat pula sebuah studi lain yang menunjukkan fakta bahwa kopi ternyata berada di urutan teratas sebagai sumber dari antioksidan yang terkandung pada pola makan orang di Amerika.

  1. Manfaat Baik Kopi untuk Kesehatan : Meningkatkan Stamina dan Performa

Zat kafein yang terdapat di dalam kopi telah terbukti pada beberapa penelitian bahwa dapat dan mampu untuk meningkatkan performa seseorang dan kinerjanya dalam jangka pendek. Dengan deimikan minum kopi dengan teratur dapat membuat atlit mampu untuk tampil dengan lebih baik selama mereka latihan kekuatan atau bahkan ketika mereka kurang tidur. Hal ini berdasarkan aturan dimana jika kopi dikonsumsi sekitar satu jam sebelum atlet tersebut latihan dengan dosis 4 mg untuk setiam kg dari berat badan atlit.

  1. Manfaat Baik Kopi untuk Kesehatan : Mencegah Nyeri Pinggang

Pada tahun 2007 terdapat sebuah studi dimana para pria yang telah berumur lebih dari 40 tahun  yang mengkonsumsi kopi dalam jangka waktu panjang memiliki resiko yang lebih kecil untuk terserang nyeri pinggang atau encok. Mereka juga akan terhindar dari kondisi peradangan yang disebabkan oleh kadar asam urat yang meningkat. Mereka dapat memperoleh manfaat tersebut dari kopi regular atau kopi tanpa kafein. Dengan minum 6 cangkir kopi dalam sehari maka seseorang akan memiliki 60% resiko yang lebih kecil untuk terhindar dari penyakit encok.

Berita bahagia bagi anda penyuka kopi ya? Tentu ada pertimbangan bahwa tidak disarankan minum kopi lebih dari 5 gelas perhari. Karena dapat meningkatkan asam lambung dan juga tidak disarankan bagi orang yang memiliki gangguan jantung.

Baca juga tips kesehatan kami yang lainnya :

Related For Manfaat Kopi untuk Kesehatan