Menu

Menjaga Kesuburan Rambut Secara Alami

4 Januari 2018 | Tips kesehatan

Menjaga Kesuburan Rambut Secara Alami

– Kesuburan rambut yang bermasalah dan kebotakan seringkali menjadi masalah beberapa orang. Untuk menyelesaikannya ada beberapa perawatan yang bisa anda tempuh, tapi tentu yang paling baik dan aman adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk memperbaiki kesuburan rambut. Misalnya adalah dengan mengkonsumsi beberapa bahan alami untuk menyuburkan rambut anda dari dalam. Beberapa bahan alami tersebut bahkan sangat kaya dengan vitamin, khususnya Vitamin E yang sangat cocok untuk mengatasi masalah kebotakan rambut.

Kerontokan rambut merupakan masalah kesehatan yang serius. Berikut adalah cara menjaga kesuburan rambut secara alami dan mencegah rambut rontok.

Bahan alami yang kaya akan vitamin E tersebut dapat kita peroleh darii beberapa buah buahan yang sering kita jumpai. Penasaran dengan bahan alami apakah yang berguna untuk menjaga kesuburan rambut dan menghindari kebotakan? Ini dia daftarnya.

1. Buah Pepaya

Menjaga kesuburan rambut dengan buah pepaya. Esktrak dari buah pepaya dikenal sebagai sebuah exfoliator yang alami untuk rambut dan juga kulit kita. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat mencampurkan ekstrak pepaya tersebut dengan madu dan juga susu. Dengan menggunakan ramuan ini, anda bukan hanya akan mengobati segala masalah yang ada pada kulit kepala namun juga dapat mengobati atau mengurangi rambut yang rontok dengan alami. Untuk membuat ramuan tersebut anda hanya perlu untuk menghaluskan pepaya, kemudian campurkan dengan susu serta madu. Kemudian oleskan pada rambut anda secara merata. Setelah itu, biarkan hingga mengering dan bilas dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

Selain mengolah pepaya menjadi masker untuk rambut, anda juga bisa memperoleh segala khasiat pepaya untuk rambut dengan cara memakan buahnya secara langsung. Anda juga bisa menggunakan beragam produk kesehatan rambut yang dibuat dari buah pepaya, seperti misalnya kondisioner pepaya, shampoo pepaya dan lain sebagainya.

Para ahli mengatakan buah pepaya dan segala kandungan yang ada di dalamnya dapat mengurangi residu yang buruk akibat penggunaan bahan kimia untuk kulit kepala dan rambut kita. Selain itu, pepaya juga mampu mengembalikan sinar alami rambut sehingga rambutakan terlihat lebih cantik dan lebih lembut. Buah pepaya mengandung enzim yang disebut dengan papain dimana enzim ini merupakan sumber yang baik untuk antioksidan. Selain enzim tersebut, pepapya juga mengandung gizi atau vitamin yang cukup lengkap seperti vitamin B, vitamin C, serat, Flavonoid, karoten dan mineral seperti kalium dan magnesium.

Secara lebih lengkap, berikut adalah manfaat buah pepaya untuk rambut kita:
– Sangat efektif untuk mengendalikan serta mencegah ketombe
– Menghentikan masalah rambut menipis
– Menghilangkan kelebihan minyak, kotoran, kotoran dan residu kimia dari rambut secara alami
– Membuat rambut yang kusam dan tak bersinar menjadi terlihat lebih cantik.karena itulah buah pepaya inii juga sangat cocok untuk kondisioner rambut.

Selain dari buahnya, ternyata bagian dari pohon pepaya lain yang bisa digunakan untuk mengatasi kebotakan adalah daunnya. Bagi anda yang ingin mengatasi masalah kebotakan secara alami karena buah pepaya cenderung mudah ditemukan di Indonesia dan harganya pun cukup terjangkau.

2. Buah Alpukat

Selain baik untuk kesehatan dan merupakan sumber lemak baik, salah satu manfaat buah alpukat adalah untuk mengobati rambut rontok. Secara lebih detail, alpukat mengandung vitamin B dan juga Vitamin E yang dapat bekerja hingga ke tingkat sel untuk menjaga kesehatan rambut kita. Selain itu, alpukat pun mampu untuk memperkuat dan melindungi rambut sehingga anda akan terhindar dari masalah kebotakan. Vitamin B yang dikandung oleh alpukat dapat membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat. Sedangkan Vitamin E dapat memeprbaiki kerusakan pada kulit kepala yang menyebabkan lambatnya pertumbuhan rambut.

Untuk memperoleh manfaat dari alpukat anda dapat menggunakan segala produk untuk rambut yang terbuat dari buah yang satu ini. Namun, anda juga bisa membuat masker dari alpukat sendiri agar manfaat yang didapatkan lebih alami. Untuk membuatnya, siapkan beberapa alpukat kemudian cincang dagingnya himngga cukup halus. Setelah itu, campurkan dengan 1 butir telur dan tambahkan sedikit air putih hingga campuran tadi berbentuk seperti pasta. Setelah anda memiliki pasta alpukat dengan konsistensi yang pas, anda dapat menggunakannya sebagai masker rambut.

Berikut ini caranya:
1. Basahi rambut anda terlebih dahulu
2. Oleskan pasta alpukat yang telah anda buat tadi
3. Pijat kulit kepala dan rambut hingga merata
4. Kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit
5. Bilas dengan air hangat

Mudah bukan? Kini anda tak perlu bingung lagi jika anda memiliki stock alpukat yang melimpah di rumah.

3. Olive Oil / Minyak Zaitun

Bahan alami yang ketiga untuk membuat rambut anda lebih subur dan terhindar dari masalah kebotakan adalah minyak zaitun atau olive oil yang dibuat dari buah zaitun. Anda dapat menemukan minyak zaitun di berbagai minimarket ataupun toko. Anda juga bisa membelinya secara online, namun tetap ingat untuk memperhatikan kualitasnya ya. Minyak zaitun memang sedari dulu sudah dikenal memiliki sejuta manfaat baik untuk tubuh kita, mulai dari untuk kesehatan, kecantikan hingga rambut. Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E, vitamin K dan asam lemak yang juga bermanfaat untuk kesehatan rambut kita. Manfaat utama minyak zaitun adalah untuk melembabkan rambut sehingga bahan alami ini sangat cocok pula untuk dijadikan kondisioner alami untuk rambut anda. selain itu, minyak zaitun juga berfungsi untuk melembutkan rambut dan membuatnya lebih kuat.

Lalu, bagaimana cara mengaplikasikan minyak zaitun ke rambut kita? Caranya sangat mudah dan ini dikenal pula sebagai terapi minyak zaitun hangat. Mengapa harus hangat? Minyak zaitun yang dihangatkan ternyata mampu melembabkan rambut lebih lama. Cara membuat minyak zaitun yang hangat pun cukup mudah, ambil 6 hingga 7 sendok makan minyak zaitun dan hangatkan di dalam microwave. Buat atau set microwave dalam suhu rendah dan panaskan hingga minyak zaitun terasa hangat saja (tak perlu hingga mendidih). Kemduian, oleskan minyak zaitun hangat tersebut pada kulit kepala anda sembari dipijat dengan lembut. Setelah itu, sisir rambut untuk membuat minyak zaitun lebih merata ke seluruh rambut. Setelah selesai menyisir, balut kepala anda dengan menggunakan handuk yang bersih. Diamkan hingga sekitar 30 menit dan bilas dengan menggunakan air yang bersih.

 

Itulah 3 bahan alami yang dikenal memiliki khasiat yang sangat baik untuk menjaga kesuburan rambut dan menghindarkan diri anda dari masalah kebotakan rambut. Buah buahan diatas sangatlah mudah untuk dijumpai, terutama untuk buah alpukat dan juga pepaya. Sementara itu, minyak zaitun sendiri dapat ditemukan dengan mudah di berbagai toko seperti minimarket atau di berbagai toko yang menjual produk produk kecantikan. Untuk memeproleh manfaat yang lebih baik dari minyak zaitun, akan lebih baik jika anda memilih minyak zaitun dengan grade atau tingkatan yang paling tinggi dimana minyak tersebut biasanya dibuat dengan proses yang lebih baik dan lebih alami.

Baca juga artikel kami yang lainnya ya. Jika merasa bermanfaat boleh di share ke sekitar. Semoga bermanfaat !

Related For Menjaga Kesuburan Rambut Secara Alami