Menu

Penyebab Gagal Ginjal Kronis

18 Desember 2017 | Penyakit

Bagaimana cara pengobatan Gagal Ginjal Kronis ?

– Penyakit ini seringkali dikenal pula dengan istilah GGK dimana ini merupakan sebuah kondisi dimana fungsi ginjal mulai menurun dengan bertahap. Menurut “Indonesia Renal Registry”, gagal ginjal kronis adalah kerusakan ginjal baik itu berupa kelainan jaringan yang ada, tes pencitraan ginjal, komposisi urine dan darah yang dialami selama lebih dari 3 bulan.

Status Gagal Ginjal Kronis atau GGK ini dapat pula berubah menjadi gagal ginjal tahap akhir atau end stage Renal Disease (ESRD) dimana ini terjadi saat ginjal tak bisa lagi berfungsi sebagai mana layaknya. Di dalam stadium akhir ini biasanya tumpukan cairan, limbah tubuh serta elektrolit telah terjadi dan tentu saja hal tersebut dapat membahayakan penderitanya. Untuk itu, harus dilakukan tindakan berupa penyaringan buatan yakni cuci darah atau dialysis atau jika memungkinkan dapat pula dilakukan transplantasi ginjal atau mengganti ginjal yang telah rusak fungsinya dengan ginjal baru yang masih normal.

Di bawah ini, kami akan memberikan beberapa informasi mengenai Gagal Ginjal Kronis atau GGK dan semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda.

gagal-ginjal-kronis

Gejala – Gejala yang Dirasakan Oleh Penderita Gagal Ginjal Kronis

Sayangnya, gejala pada penyakit ginjal biasanya kurang bisa dirasakan atau tidak muncul hingga menyakit gagal ginjal tersebut mencapai stadium lanjut. Namun lain halnya jika anda melakukan pemeriksaan urin atau darah, biasanya Gagal Ginjal Kronis dapat dideteksi dini.

Seperti yang telah kami ungkapkan dalam paragraf diatas dimana gejala gejala biasanya akan muncul pada stadium lanjut. Gejala GGK pada stadium yang sudah lanjut antara lain adalah sebagai berikut ini:

  • Mual
  • Kelelahan
  • Sesak nafas
  • Pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki atau tangan karena adanya penumpukan cairan pada bagian sirkulasi tubuh
  • Munculnya darah di dalam urin

Mengingat bahayanya penyakit Gagal Ginjal Kronis ini, maka sangat direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan urin dan darah secara teratur, khususnya bagi mereka yang memiliki resiko tinggi untuk terkena penyakit ini. Beberapa orang yang dapat beresiko untuk terkena penyakit Gagal Ginjal Kronis adalah mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, menderita diabetes serta adanya riwayat keluarga dengan penyakit Gagal Ginjal Kronis (faktor keturunan).

Apakah Sebenarnya Fungsi Ginjal Manusia?

Setiap organ tubuh yang ada di tubuh manusia pastilah memiliki fungsinya sendiri sendiri, termasuk ginjal. Ginjal merupakan organ yang terletak di bawah tulang rusak. Ginjal berbentuk seperti kacang dan terdapat di kedua sisi tubuh. Jadi pada dasarnya manusia memiliki sepasang ginjal di tubuh mereka.

Fungsi utama dari organ Ginjal adalah untuk menyaring limbah serta cairan yang berlebih dari darah sebelum cairan tersebut dibuang melalui urin. Selain fungsi utama tersebut, ginjal juga memiliki beberapa fungsi lainnya seperti:

  • Membantu mengatur tekanan darah manusia
  • Membantu mengatur kadar kimia di dalam tubuh sehingga otor dan jantung pun dapat bekerja dengan baik
  • Membantu menjaga kesehatan tulang karena ginjal dapat memproduksi zat sejenis dengan vitamin D
  • Membantu memproduksi sebuah hormone Glikoprotein yang bernama erythropoietin dimana hormone ini dapat membantu terbentuknya sel sel darah merah

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Gagal Ginjal Kronis dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti misalnya penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Biasanya hal tersebut terjadi dalam jangka panjang yang dapat menyebabkan adanya kerusakan pada organ ginjal dan menyebabkan ginjal tak bisa berfungsi lagi dengan normal atau menurun fungsinya.

Di Indonesia sendiri sebanyak 0.2% dari total jumlah penduduk tanah air mengalami Gagal Ginjal Kronis (Riset Kesehatan Dasar, 2013, oleh Kementrian Kesehatan RI). Provinsi dengan jumlah penderita GGK paling banyak adalah Sulawesi Tengah dengan persentase sebanyak 0.5% dari seluruh jumlah penduduk di Sulawesi Tengah. Sementara itu, berdasarkan survey lain yang dilakukan yakni “7th Report of Indonesian Renal Registry” pada tahun 2014 menunjukkan bahwa pasien gagal ginjal yang melakukan dialysis atau cuci darah kebanyakan disebabkan oleh hipertensi atau darah tinggi dengan persentase sebesar 37%. Sementara itu, pasien yang melakukan cuci darah disebabkan oleh Diabetes sebesar 27% dan kelainan bawaan sebesar 10%.

Beragam Cara untuk Menangani Gagal Ginjal Kronis

Tak bisa dipungkiri bahwa banyak orang akan menjadi cemas dan panic ketika didiagnosa menderita penyakit Gagal Ginjal Kronis. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter yang sesuai serta dengan sesama pasien penderita GGK agar anda bisa menemukan beragam cara untuk mencegah perburukan GCK.

Pada dasarnya memang tak ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit Gagal Ginjal secara total. Biasanya, pengobatan serta perawatan yang dilakukan hanya difokuskan untuk menghentikan atau memperlambat perkembangan penyakit ini serta untuk meminimalisir resiko munculnya keadaan yang serius dan membahayakan lainnya. Selain hal tersebut, beragam terapi yang disarankan juga ditujukan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh penyakit Gagal Ginjal Kronis.

Apa penyakit lain yang bisa ditimbulkan oleh Gagal Ginjal Kronis? GGK membuat terjadinya perubahan pada sirkulasi tubuh yang bisa membuat penderitanya menderita penyakit lain seperti penyakit jantung dan stroke. Penyakit jantung dan stroke biasanya muncul karena peningkatan dari tekanan darah. Untuk kasus end-stage renal disease atau ESRD atau gagal ginjal stadium akhir, cuci darah atau transplantasi ginjal bisa dilakukan untuk menggantikan atau memperbaiki fungsi ginjal yang sudah rusak.

Beberapa jenis obat obatan yang biasanya diberikan untuk penderita Gagal Ginjal Kronis biasanya adalah obat diuretic seperti furosemida, suplemen zat besi, vitamin D, suntikan hormone erythropoietin sehingga sel sel darah merah dapat terbentuk, dll sesuai dengan instruksi dari dokter yang terkait. Mendapatkan pertolongan secara medis adalah hal yang paling tepat dan aman. Selain itu juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat fosfat seperti misalnya susu, telur dan ikan.

Cara Terhindar dari Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Seperti yang sudah kami informasikan sebelumnya bahwa ada beberapa kondisi yang harus membuat anda lebih hati hati terhadap GGK, seperti misalnya jika anda memiliki masalah dengan tekanan darah yang terlampau tinggi dan diabetes. Pengidap kondisi tersebut sangat rentan mengarah ke Gagal Ginjal Kronis.

Namun, meskipun anda tidak mengidap kondisi kondisi tersebut,  ada baiknya anda tetap melakukan berbagai langkah preventif agar terhindar dari GGK dan senantiasa dalam keadaan yang sehat. Sangat disarankan untuk menjalankan gaya hidup yang sehat dengan cara melakukan olahraga secara teratur, pola makan yang sehat dan seimbang, jangan mengkonsumsi obat secara sembarangan yang dapat merusak ginjal dan hindari minum minuman keras. Hal hal tersebut dapat membantu anda untuk terhindar dari penyakit Gagal Ginjal.

Sekian Informasi dari kami semoga bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Kami yang Lainnya :

 

Related For Penyebab Gagal Ginjal Kronis