Menu

Trend Negatif Makanan Beku

26 Januari 2018 | Tips kesehatan

Banyak jenis makanan yang bisa kita pilih saat ini. Salah satunya yaitu makanan beku atau frozen food. Makanan ini banyak dikonsumsi karena terbilang cukup praktis khususnya bagi orang-orang yang sibuk bekerja. Tanpa disangka bahwa telah terjadi trend negatif makanan beku.   Di samping praktis, makanan beku rasanya lezat dan yang paling penting mampu memberikan rasa kenyang pada perut.

Tetapi siapa sangka bahwa makanan beku memiliki dampak negatif. Makanan beku atau frozen food tidak aman dikonsumsi dalam jangka panjang karena mengandung kolesterol jahat dan lemak jenuh. Di samping itu, makanan tersebut  juga tinggi sodium. Guna sodium yaitu untuk memperkuat rasa.  Kandungan sodium untuk makanna beku yaitu sebanyak 700-1800 mg. Ini jumlah yang terlalu banyak I kdikonsumsi oleh manusia.

Makanan beku memiliki banyak jenis.  Tetapi ada beberapa jenis makanan beku  yang berbahaya bagi kesehatan dan wajib dihindari.

Apa saja jenis makanan beku yang berbahaya dan harus anda hindari?

1. Nugget

Jenis makanan ini sangat populer, bukan? Berbagai iklan mengenai nugget dengan rasa yang beraneka ragam tentu menggoda anda untuk menikmatinya. Tetapi mulai sekarang hendaknya kurangi konsumsi nugget. Pasalnya, makanan ini mengandung jenis lemak trans yang cukup berbahaya bagi tubuh. Apa bahayanya bagi tubuh? Yaitu bisa menyumbat aliran darah yang bisa mengakibatkan hipertensi dan stroke. Nugget termasuk jenis makanan beku yang berdampak negatif.

2. Kentang goreng

Kentang goreng yang biasa dikemas dengan nama french fries umumnya mengandung garam yang cukup tinggi dan kalori serta lemak. Hati-hati mengkonsumsi kentang goreng dalam jangka panjang.

3. Daging beku

Daging beku yang dimaksud seperti kornet, daging giling, daging asap, dan bacon. Jenis-jenis daging tersebut sangat tidak aman untuk dikonsumsi terlalu sering. Semuanya mengandung bahan pengawet yang cukup berbahaya bagi kesehatan untuk jangka panjang.

4. Sosis

Sama halnya seperti nugget, sosis juga termasuk jenis makanan beku yang cukup sering dikonsumsi. Sosis memiliki banyak merk dagang yang disajikan secara menarik. Sosis sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering karena tidak cukup aman bagi kesehatan anda dan keluarga.

Makanan Beku Dapat Dihinggapi Bakteri

Makanan beku yang diawetkan bisa memicu tumbuhnya bakteri. Jenis bakteri  yang mungkin tumbuh yaitu Salmonella enterica dan Listeria monocytogenes. Keduanya  sering ditemukan pada daging ayam mentah. Bakteri-bakteri tersebut bisa bertahan dan bertambah banyak meskipun disimpan di kulkas atau freezer.

Listeria monocytogenes bisa menyerang siapa saja. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini yaitu demam, nyeri otot dan kadang-kadang diare. Untuk ibu hamil, sebaiknya hati-hati dengan jenis bakteri yang satu ini.

Bakteri Salmonella enterica

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini yaitu jenis penyakit yang menyerang saluran pencernaan seperti kram perut, diare serta mual. Salmonella enterica termasuk jenis bakteri yang cukup sering menimbulkan penyakit.

Untuk pertumbuhan anak, makanan beku juga memberikan dampak negatif yaitu makanan beku bisa menghambat pertumbuhan anak serta membuat anak lebih rentan terkena penyakit yang berbahaya.

Nah, ternyata di balik iklan-iklan yang persuasif tentang makanan beku, ada banyak bahaya yang mengintai.  Dampak negatif makanan beku harus anda hindari. Penyakit-penyakit yang berbahaya sampai bakteri yang mengerikan tersimpan dalam makanan beku.  Dalam mengolah makanan beku, prosesnya menggunakan lemak yang berbahaya. Jadi ketika dikonsumsi, tubuh seseorang mengandung tumpukan lemak yang berbahaya.

Jadi, bijaklah dalam mengkonsumsi jumlah makanan beku. Jangan sampai konsumsi melampaui batas. Trend negatif makanan beku akan mengganggu kesehatan anda. Lebih baik tinggalkan sedikit demi sedikit makanan beku lalu perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayuran.  Kedua jenis makanan tersebut pasti aman anda konsumsi dan tentunya juga menyehatkan. Lebih baik agak repot mengolah sayur daripada merasakan trend negatif makanan beku.

 

Baca juga artikel kami yang lainnya :

http://tanyapenyakit.com/10-jenis-buah-untuk-diet-alami/

http://tanyapenyakit.com/manfaat-buah-buahan-yang-mempercantik-kulit-anda/

Related For Trend Negatif Makanan Beku